Minggu, 24 Februari 2013

CARA BUDIDAYA GAHARU

Cara Menanam Gaharu
Cara menanam gaharu atau yang lebih sering disebut cara budidaya gaharu sangat menentukan keberhasilan budidaya gaharu di masa mendatang. Cara budidaya ini merupakan fondasi awal keberhasilan hidup gaharu yang ditandai tumbuhnya bibit gaharu menjadi pohon gaharu. Menjadi pertanyaan besar bagi petani yang ingin memulai budidaya gaharu yaitu bagaimana cara menanam yang meliputi tekstur tanah, jenis bibit dan perawatan.
Cara menanam gaharu untuk dibudidayakan tidak memerlukan kriteria tanah khusus, yang terpenting tanah tersebut tidak terendam air seperti tanah rawa ataupun tanah sawah. Gaharu dapat ditanam pada ketinggian 0 - 1200 m dpl dan beberapa pengalaman teman, gaharu juga dapat ditanam pada ketinggian lebih dari 1200 mdpl.
Ada hal yang paling penting yang harus diperhatikan ketika akan berkecimpung dalam budidaya gaharu ini adalah bahwa pohon gaharu berumur 0-12 bulan setelah ditanam harus mendapat naungan/teduhan sehingga memerlukan perawatan ekstra dari petani.
Pengalaman yang pernah Tim Gaharu Hijau lakukan adalah kurangnya pengetahuan dan informasi cara menanam ataupun cara budidaya gaharu. Kami sendiri ketika awal menanam gaharu tidak menggunakan naungan/teduhan dan alhasil dari 1400 batang yang ditanam hanya kurang dari 100 pohon yang hidup. Pengalaman pahit yang kami bagikan disini agar kawan-kawan petani gaharu dapat mengetahui bagaimana cara menanam gaharu dengan minimalisir resiko dan cara budidaya gaharu dengan biaya yang murah.

Adapun pola tanam gaharu dapat kami bagikan sebagai berikut :
1. Pola Tanam Monokultur
 Cara menanam ini yaitu satu areal perkebunan ditanami hanya pohon gaharu. Cara budidaya ini biasa dilakukan oleh petani-petani yang memang khusus menanam gaharu dan biasanya menggunakan areal pertanahan yang masih belukar. Kami menyarankan untuk areal pertanahan yang baru dibuka ketika akan melakukan pembersihan jangan dibakar tetapi dibersihkan seperlunya saja sekitar lobang tempat penanaman untuk mengefisienkan biaya. Pembersihan secara keseluruhan dapat dilakukan setelah batang gaharu yang ditanam tadi sudah berumur lebih dari 1 tahun. Cara menanam dengan pola tanam monokultur akan dapat memaksimalkan lahan dengan jarak tanam 1m x 1m, 2m x 2m atau 3m x 3m. Pemilihan jarak tanam akan mempengaruhi pertumbuhan pohon gaharu. Sebaiknya menanam pohon gaharu ketika awal musim hujan.

2. Pola Tanam Tumpang Sari
Cara budidaya gaharu dengan pola tanam tumpang sari dapat dilakukan dengan cara menanam pohon gaharu di sela-sela tanaman lain seperti pohon sawit, karet, mahoni, pisang dan tanaman lainnya, dapat juga dilakukan penanaman sebagai pagar pembatas lahan milik kita. Pohon gaharu ini juga dapat ditanam di pekarangan rumah, masjid-masjid ataupun ditempat umum lainnya.

Selain yang kami uraikan diatas, cara menanam pohon gaharu seperti pembuatan lobang dan perawatan ketika budidaya seperti pemupukan, tidak jauh berbeda dengan cara menanam pohon yang lain.

Semoga Bermanfaat.

16 komentar:

  1. mantap gan, sangat bermanfaat ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih gan... sedikit berbagi.....

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih mas excell atas comment nya....

      Hapus
  3. makasih gan, ini bakal berguna buat KTI kami, doain yah semoga bisa menang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak maryam...... kita saling mendo'akan semoga segala usaha kita di bidang gaharu ini mendapat Ridho dari Allah Pencipta Alam Semesta ini.

      Hapus
  4. Infonya berguna sekali gan, saya mau tanya klo sudah panen kemana gaharu akan dijual? Apakah ada yg siap menampung hasil panenan gaharu? Saya berada di Kalimantan Tengah dan tertarik mau menanam gaharu, mohon infonya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungan ke blog kami ini. Hasil panen gaharu sangat diminati oleh pembeli, kalau kita sudah punya stok panen gaharu maka Insya Allah banyak pembeli yang mencarinya. Kami siap untuk membantu menjualkan/me-link dengan pembelinya. Intinya sekarang adalah kita harus memulai dahulu.

      Hapus
  5. trima kasih pak Ade Sanjaya atas blognya, memang gaharu merupakan tanaman termahal di dunia saat ini, juga memang dari dulu bahwa harga gaharu terkenal sampe skrg masih tetap jadi incaran. bahkan untuk kebutuhan dunia sudah berkurang, makanya dengan adanya temuan resin/vaksin yg bisa menghasilkan gaharu untuk jenis pohon aquilera yang di suntikkan... maka sangat membantu untuk kpercepatan panaen n jg percepatan kesejahtraan.

    BalasHapus
  6. apakah pernah trjdi bila kita mengadakan inokulasi pada pohon gaharu tetapi tdk berhasil alias tak jadi gubal gaharu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami sendiri sudah mengalami kegagalan antara lain batang yang kembali memutih/recovery, batang yang keropos. Pengalaman tersebut mengajarkan untuk menjadi lebih baik.

      Hapus
  7. Bos gaharu ada brp jenis. Untuk sumsel yg plg cck jenis apa mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa literatur menyebutkan gaharu terdiri dari sebanyak 16 jenis yang tersebar di seluruh dunia. Untuk Sumatera biasanya jenis Aquillaria Malaccensis, microcarpa, Hirta. Kami merekomendasikan jenis Malaccensis, microcarpa. Terima Kasih

      Hapus
  8. mari kawan2 pengijauhan alam kami di papua
    gaharu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari kita mulai dari diri kita sendiri, mulai hari ini... terima kasih

      Hapus
  9. bagaimana cara membuat inokulan yang sederhana..?

    BalasHapus

Terima kasih telah memberikan Komentar.
Tanam Gaharu !!!
Hijaukan Bumi .... Sejahterakan Ekonomi ....